Manfaat Olahraga Fisik Bagi Penderita Diabetes



Saat seseorang sudah didiagnosa menderita diabetes, maka salah satu hal yang harus diperhatikan adalah dengan cara mengubah pola hidup. Bukan cuma mengubah pola makan namun juga harus seluruh kebiasaan, termasuk kebiasaan berolahraga fisik. Bila anda sebelumnya anda suka menunda-nunda untuk melakukan berolahraga maka sekarang anda harus rutin melakukan olahraga fisik.

Olahraga yang dilakukan oleh penderita diabetes, selama minimal 30 menit sehari akan memberi manfaat sebagai berikut :

1. Menjaga kadar gula darah 

olahraga fisik dapat memperbaiki respon sel tuguh terhadap insulin. Maka semakin anda berolahraga, bahkan semakin banyak pula gula darah yang tero;ah oleh tubuh. Dan bisa terjaga kadar gula di dalam darah.

2. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan yang ideal merupakan salah satu cara untuk mengontrol penyakit diabetes. Didalam penelitian disebutkan bahwa semakin aktif penderita diabetes, maka semakin banyak kalori yang akan dibakar tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Saat tubuh dipaksa untuk berdetak lebih cepat dengn cara berolahraga maka lambat laun jantung pun akan terlatih. Pada penderita diabetes harus memperhatikan kesehatan jantung, sebab, terlalu banyak gula dalam darah berisiko lebih cepat merusak janung maupun pembulu darah.

Sebelum anda melakukan olahraga secara rutin maka anda harus konsultasi kesehatan dulu pada dokter. Beberapa jenis olahraga yang aman dan bisa dilakukan penderita diabetes antara lain berjalan cepat, berenang, bersepeda, yoga, atau olahraga daipusat kebugaran.  

Artikel Terkait Manfaat Olahraga Fisik Bagi Penderita Diabetes :

Diberdayakan oleh Blogger.